Produk Tas Counture

29/04/10

Belajar nyablon manual untuk pemula (Bag 4 - Habis)

Ritual bersih-bersih screen
Bagaimana cara membersihkan screen ?

Setelah screen selesai digunakan, segera kita bersihkan screen tersebut, kenapa ? karena jika terlalu lama di diamkan dalam kondisi kotor, bekas tinta akan susah untuk dihilangkan, butuh kerja dan jampi-jampi extra.
1. Setelah selesai menyablon, tinta bekas kita masukkan ke wadah (supaya bisa digunakan lain kali).
2. Rendam screen dibak air, kita usap dengan tangan untuk melunturkan sisa-sisa cat. Buka isolatif yang masih menempel di screen. Setelah cat hilang/rada bersih, angkat screen dari bak.
3. Oleskan Byclean/kaporit (untuk kaporit dicampur air dulu) dibagian luar dan dalam screen, saat mengoleskan gunakan busa, jangan mengoles langsung dengan tangan, karena obat keras = tangan bisa gatal/melepuh/luka.
4. Setelah itu didiamkan, tidak usah ditegur, ngopi-ngopi dulu….
5. Kira-kira 5 menit, kita semprot screen menggunakan semprotan air, obat afdruk akan rontok. Setelah itu guyur dengan air.
6. Lanjut bersihkan screen menggunakan sabun colek, gunanya untuk membuang sisa lemak/bulu/rambut yang menempel di screen. Guyur kembali.
7. Screen sudah bersih.. keringkan, bisa menggunakan hair dryer ataupun cukup dijemur/diangin-anginkan saja.

Bagaimana dengan noda yang membandel ?
Jangan panik.. semua ada solusinya..
Ada 2 cara, yaitu :
1. Cara gampang : beli screen baru aja… atau minta tukang sablon buat ngebersihin, ongkosnya murah kok… tempatnya didaerah Otista – Kp. Melayu kalo ngga di Proyek Senen (Jakarta).
2. Cara rada ribet : setelah melakukan tahapan 1 s/d 6 diatas dan ternyata nodanya masih ada yang nempel, bisa menggunakan obat tambahan seperti : M3 (pengencer cat kertas), M4, Toluen atau soda api.
Untuk M3/M4/Toluen usap pelan-pelan ke noda yang membandel, digosok-gosok, bilas pake sabun colek, lanjut disemprot pake semprotan air posisi air tajam. Dijamin bersih.. kalo ngga bisa juga gunain senjata pamungkas : soda api, untuk cara penggunaan silahkan ditanyain ke tokonya…


Selamat anda sudah punya bekal untuk membuka usaha baru.. Sablon Kaos & Distro.
Banyak-banyak latihan biar feelling terasah.. langkah selanjutnya belajar sablon manual untuk warna masukan (2 warna s/d warna sparasi).

Untuk rekan-rekan yang punya kelebihan rezeki dan mau kerjasama buka usaha Sablon Kaos & Distro, silahkan download Proposal penawaran investasi usaha sablon kaos & distro.
Wassalam.

1 komentar: